Senin, 11 November 2013

Apa Itu akamaihd.net?

 Sebelum kita mulai, saya ingin anda untuk melakukan percobaan sederhana ini.

Pergi ke akun Facebook Anda, memeriksa profil pic seperti gambar, gambar dalam kabar berita atau kecil. Klik kanan pada gambar dan klik 'Membuka gambar dalam tab baru' (aku menganggap anda menggunakan Google Chrome).

Setelah anda telah dibuka gambar dalam tab baru, periksa alamat bar.

Anda akan menemukan sesuatu yang seperti ini,
Perhatikan akamaihd.net domain dalam URL. Jadi gambar yang Anda temukan di facebook sebenarnya adalah host pada akamaihd.net. Anda terkejut? Mungkin tidak, jika anda tidak memahami apa sebenarnya terjadi.

Saya akan jelaskan, foto yang anda upload ke facebook, yang sebenarnya adalah upload ke akamaihd.net. Sekarang pertanyaannya adalah apakah akamaihd.net dan mengapa anda host pada akamaihd.net? foto

Apa Yang akamaihd.net?
Teknologi Akamai sebenarnya adalah suatu CDN, di mana CDN berdiri untuk Konten Jaringan Pengiriman. Jawaban ini hampir segala sesuatu jika anda tahu bagaimana CDN bekerja. Kita akan berbicara tentang CDN dalam tulisan ini, tetapi mari kita periksa pertama yang menyenangkan fakta tentang Akamai.

Akamai disebut sebagai Acme. Ini kedengarannya akrab untuk anda? Acme adalah sebuah fiksi corporation di Roadrunner Kartun. Ia digunakan untuk menyediakan beberapa produk yang akan gagal di yang terburuk kali.

Apa CDN ?

SEBUAH CDN (content delivery network/konten jaringan pengiriman) akan menerima data anda dan tempat ia pada beberapa server berbeda seluruh dunia. Hal ini membuat bahwa konten tertentu untuk memuat lebih cepat untuk siapa saja yang ingin mengakses. Ini adalah kerana konten akan dikirimkan ke pengguna akhir terdekat dari server mungkin memegang konten.

Tanpa CDN, konten akan tinggal hanya pada satu server. Dan dengan itu pengguna yang dekat ke server dapat mengakses isi lebih cepat dari para pengguna yang dari dari itu.

Misalnya, jika saya konten terletak pada sebuah server di India. Maka pengguna di Asia akan lebih baik latency (sedikit waktu penundaan) dibandingkan dengan pengguna dari Amerika, Eropa atau Australia.

Mengapa foto yang upload ke Akamaihd.net ?
Akamai memiliki beberapa CDN jaringan, di mana akamaihd.net adalah salah satu CDN. Facebook adalah jaringan yang besar dan ia telah mengirim data pada kecepatan yang lebih cepat untuk setiap pengguna. Dan untuk melakukannya, ia memerlukan CDN.

Facebook menggunakan akamaihd.net sebagai CDN. Ini adalah sebab mengapa anda foto yang upload ke akamaihd dan bukan untuk facebook. Jadi kapanpun anda meminta untuk melihat foto di facebook, permintaan anda sebenarnya adalah dikirim ke terdekat mungkin akamaihd server. Server ini kembali foto yang diminta. Dan sejak itu mungkin server terdekat, anda akan mendapatkan diminta foto dengan waktu minimum tunda.

sumber : http://www.codefap.com/2013/01/what-is-akamaihd-net-in-a-facebook-link/

2 komentar:

  1. Saya awalnya liat juga di facebook tahun 2012, tapi saya ga memikirkannya. Nah baru akhir² ini sering liat, entah itu di fb, sosmed lain, maupun game pubg, ml, dll

    BalasHapus